Informasi Program PTSL

Jagoi. Jumat, 03 November 2017 – Informasi Program PTSL. Apa itu PTSL? berikut informasinya…

Beberapa waktu yang lalu Pak Jimou Monyias (Kaur Umum – Plt. Sekdes sementara) dan Pak B. Jikok (Kaur Pembangunan) telah berkunjung ke Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bengkayang untuk mendapatkan informasi terkait Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dikabarkan menjadi pengganti Program Nasional Agraria (Prona) yaitu program sertifikat gratis dari BPN untuk masyarakat.

Pendaftaran atau sertifikat tanah ini menjadi hal yang mendesak agar pemerintah bisa memberi menjamin kepastian hukum sesuai UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1960 Pasal 19 ayat 1.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kantor BPN Kabupaten Bengkayang pada tahun 2017 dan mengacu pada Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada pasal 14. Maka Desa Jagoi bermaksud untuk mengajukan Program PTSL tersebut yang berjumlah sebanyak 500 Persil Pengajuan.

Perlu diperhatikan walaupun Desa akan melakukan pengajuan yang mencapai sejumlah 500 Persil belum tentu sebanyak itu jumlah yang bisa didapatkan oleh masyarakat Jagoi. Namun sudah tentu pasti masyarakat berharap agar program ini bisa berjalan dengan baik dan bisa ikut dirasakan oleh masyarakat Desa Jagoi dan direalisasikan oleh BPN Bengkayang, sehingga masyarakat di desa bisa melaksanakan pendaftaran tanah secara lengkap.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan