Sungai “Babang” Banjir, Tanahnya Longsor, Solusinya Mana?

Jagoi. Jumat, 03 November 2017 – Sungai Banjir, Tanah Longsor, Solusinya Mana? Mari Kita Coba Jelaskan. Berikut Penjelasannya… .

Terkait dengan postingan sebelumnya mengenai banjir sungai “babang” dusun jagoi babang. Berikut linknya: http://jagoi.desa.id/2017/11/03/waspada-musim-penghujan-terhadap-banjir-di-dusun-jagoi-babang/

Rencana dan ide pembangunan sebenarnya sudah pernah diajukan sejak lama, sejak pinggiran sungai tersebut mulai terkikis beberapa tahun sebelumnya.

Rencana pengajuan pembangunan bronjong di pinggiran sungai tersebut pernah diajukan ke tingkat desa, namun karena terbatasnya biaya dan anggaran untuk pembangunan skala besar tentunya dana pemerintah yang mengalir ke APBDes Jagoi tidak sanggup untuk membiayai proses pembangunannya karena diperkirakan panjangnya bronjong tersebut sekitar 150 Meter. Kemudian rencana pembangunan tersebut dinaikkan dan pernah diajukan ketingkat Kabupaten namun belum ada jawabannya. Mengenai lambatnya penanganan bahaya longsor ini tidak bisa kita salahkan kepada pihak manapun.

Kenapa pinggiran sungai tersebut terkikis dan membesar?. Karena jika diperhatikan jalur air tersebut merupakan jalur belokan aliran sungai sehingga ketika terjadi luapan air maka yang menjadi sasarannya adalah menghantam dinding belokkan sungai tersebut.

Menindaklanjuti hal tersebut Kepala Desa Jagoi yaitu Bapak Dedeng berkomitmen akan tetap kembali memperjuangkan rencana pembangunan bronjong sungai babang ketingkat kabupaten supaya ancaman bahaya yang timbul disekitar area sungai tersebut dapat diatasi.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan